Translate

Sabtu, 29 Juni 2013

RPP kelas 8 Semester 1 Descriptive Text

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMPN 1 Semen
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas / Semester        : VIII / I
Materi                         : Descriptive text
                                    Jenis Teks                  : Monolog Text
Waktu                        : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi     
Membaca:
5.      Memahami makna text tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive yang berkitan dengan lingkungan sekitar.
Menulis:
6.      Mengungkapkan makna dalam text tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.       Kompetensi Dasar         
5.1     Membaca nyaring bermakna teks tulis esei pendek berbentuk descriptive pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat,  lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive.
6.2     Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive.

C.      Indikator            
1.      Membaca teks descriptive dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang benar.
2.      Mengidentifikasi struktur bahasa dalam teks descriptive.
3.      Menemukan ide pokok teks descriptive.
4.      Menidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive.
5.      Dengan diberikan gambar/situasi siswa dapat merancang draft
6.      Menulis text esei berbentuk descriptive sesuai dengan topic.

I.         Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.         Dengan diberi contoh teks descriptive siswa dapat membaca dengan ucapan,tekanandan intonasi yang benar.
2.         Dengan diberi teks descriptive siswa dapat mengidentifikasi struktur bahasa secara benar.
3.         Dengan diberi teks descriptive siswa dapat menemukan ide pokok secara benar.
4.         Dengan diberi teks descriptive siswa dapat menemukan informasi tersirat secara benar
5.         Siswa dapat menuliskan teks descriptive sederhana sesuai topic.

v  Karakter siswa yang diharapkan :
a.       Percaya diri (Confidence)
b.      Tanggung jawab (Responsibility)
c.       Kerjasama (Cooperatif)
d.      Tekun (Diligence)

II.      Materi Pembelajaran
Text descriptive :
My dog, Brownie
I have a pet. It is a dog and I call it Brownie.
Brownie is a Chinese breed. It is small, fluffy and cute. It has got thick brown fur. When I cuddle it, the fur feels soft. Brownie does not like bones. Everyday it eats soft food like steamed rice, fish or bread. Every morning I give her milk and bread. When I am at school, Brownie plays with my cat. They get a long well, and never fight maybe because Brownie does not bark a lot. It treats the other animals in our house gently, and it never eats shoes. Brownie is really a sweet and friendly animal.

III.   Metode Pembelajaran :
-          Three-phase technique
IV.   Kegiatan  Pembelajaran
1.      Langkah – Langkah Kegiatan
Pertemuan I : 2 X 40’
1.      Kegiatan Awal
a.       Salam, tegur sapa dan doa
b.      Mengabsen kehadiran siswa
c.       Menyampaikan tujuan dan materi pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
a.       Siswa diberikan kegiatan pembuka (leading question) yang akan menunjukan topic.
b.      Siswa membaca text descriptive dengan ucapan, tekanan intonasi yang benar
c.       Siswa menjawab pertanyaan tentang isi descriptive
d.      Siswa dijelaskan mengenai fungsi dari teks descriptive.
e.       Siswa diminta membuat teks sederhana berbentuk descriptive.
f.       Siswa diberikan berbagai macam gambar/situasi dan siswa diminta untuk mendiskripsikan gambar/situasi tersebut yang dibuat dengan teman sebangku
3.      Kegiatan Akhir
a.       Menyimpulkan teks yang sudah dibuat tersebut
b.      Siswa diberi tugas untuk membuat teks sederhana berbentuk descriptive dengan tema bebas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
c.       Mendiskusikan kesulitan siswa
d.      Salam penutup

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat / Buku Acuan :
a.       Buku-buku lain yang relevan
b.      Teks monolog berbentuk descriptive.
c.       http://weisiya.blogspot.com/
d.      internet
VI.        Penilaian
a.       Teknik             : Menjawab pertanyaan secara tulis
b.      Bentuk             : Pertanyaan tulis dan uji petik kerja produk.
c.       Instrument       : Terlampir

v  Pedoman Penilaian
 Untuk aspek membaca penilaian meliputi            :
a. Ucapan              =    30
b. Tekanan             =    25
c. Intonasi             =    25
d. Kelancaran        =    20
Untuk aspek menulis penilaian meiputi :
Tiap jawaban benar diberi skor    3
               Nilai maksimal 10
                Nilai siswa =   skor perolehan         x  10
                         skor maksimal

Rubrik Penilaian
1.         
Aspek
Score
Uraian

Ucapan
3
Benar semua,sesuai dengan standar ucapan yang berlaku
2
Hampir semua benar dengan dua,tiga kata kurang tepat
1
Banyak membuat kesalahan

Tekanan
3
Benar semua,sesuai dengan aturan yang berlaku
2
Benar dengan beberapa yang kurang tepat
1
Banyak yang kurang tepat

Intonasi
3
Benar semua,sesuai dengan aturan yang berlaku
2
Benar dengan satu atau dua intonasi kurang pas
1
Banyak intonasi  yang kurang tepat

Kelancaran
3
Lancar tanpa hambatan
2
Lancar dengan sesekali ragu
1
Tersendat-sendat


2.         
No
Uraian
Skor
1
Isi benar, tata bahasa benar
3
2
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
2
3
Isi dan tata bahasa kurang tepat
1
4
Tidak menjawab
0



                Kediri, 9 Oktober 2012
 Guru Pembimbing
Mahasiswa PPL




Dewi Kencanawati, M.Pd




Emi Nurniati 

NPM : 10.1.01.08.0085























3 komentar:

  1. kk msh bingung cara penyampaian materi untuk murid, untuk reading and writing nya...mohon penjelasannya...

    BalasHapus
  2. assalamualaikum...
    mbak bisa tidak klo skillnya pakai speaking. minta tolong di contohkan rubrik penilaian untuk vocabulary nya dg

    BalasHapus
  3. assalamualaikum...
    mbak bisa tidak klo skillnya pakai speaking. minta tolong di contohkan rubrik penilaian untuk vocabulary nya dg

    BalasHapus