|
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Topik :
Recount text
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45
minutes
Standar
Kompetensi :
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esay sederhana berbentuk recount dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
dasar :
Mengungkapkan
makna dan langkah-langkah retorika
secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : recount.
Indikator :
· Memilih
atau memilah topic
· Dengan
diberi gambar/situasi siswa mampu merancang draft.
· Menulis
teks essei berbentuk recount.
I . Tujuan Pembelajaran :
1. siswa
mampu memilih atau memilah topic.
2. Siswa
mampu memahami langkah-langkah dalam menulis teks esei berbentuk recount.
3. Sisiwa
mampu merancang/menulis text berbentuk recount dengan benar.
II. Materi
Ajar :
·
Teks monolog berbentuk
recount
·
Menggunakan simple
past.
·
Generic structure dari
teks recount
III. Model
Pembelajaran : Three-phase
technique.
IV. Langkah-langkah
Kegiatan :
·
Pre
activity (10”)
Persiapan
- Salam
pembuka
- Mengabsen
siswa
- Membersihkan
papan tulis
- Menanyakan
tentang materi pertemuan sebelumnya.
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Siswa
diberi tahu bahwa pokok materi pertemuan ini adalah recount teks.
·
Whilst
activity (30’)
- Siswa
disajikan gambar yang berkaitan dengan teks recount.
- Membangun
vocabulary siswa dengan menyebutkan peralatan yang dibawa saat liburan.
- Siswa
diminta untuk merancang draft. (task 3)
- Menanyai
siswa tentang kesulitan dalam membuat teks recount.
- Siswa
dijelaskan tentang generic structure dari draft recount teks yang telah dibuat.
- Siswa
diminta untuk membuat recount teks berdasarkan gambar.
·
Post
activity (5’)
- Siswa
diajak meringkas teks dan cirri-cirinya.
- Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi recount teks.
- Siswa
diberikan tugas rumah untuk membuat teks recount berdasarkan pengalaman
masing-masing.
- Refleksi
:
·
Are you interesting
with this material today?
·
is there an
difficulties for you?
- menutup
pelajaran : thank for your coming today, and see you next meeting.
V. Sumber/bahan/media
-
student’s worksheet
-
internet
-
gambar
VI. Penilaian
- Penilaian Kognitif
Bentuk
: Tes Tertulis ( lembar kerja )
- Penilaian Afektif
Pedoman
Penilaian :
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Keaktifan
Keberanian
Perhatian /
fokus
|
|
` Kediri,
13 juni 2012
pembimbing
Sunarti, S.Pd
|
Mahasiswa Praktek
Agista
wiranata
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar